KISAH KISAH MALAM DI PERKEBUNAN KAWASAN OMALANDEN

Barak inepan bagi para kuli perkebunan sudah tak ada suara… Sebentar malam tepat tengah malam centeng dan anak buahnya akan membunyikan lonceng besar di depan rumah pimilik perkebunan itu….

Teng….teng….teng…!

Suara lonceng yang ada di depan rumah besar pemilik perkebunan itu berbunyi sebanyak 12 kali menandakan tengah malam. Para centeng perkebunan setelah membunyikan lonceng besar itu akan mulai berkeliling meronda.

Memeriksa semua barak inapan para kuli perkebunan apakah ada yg belum tidur atau memeriksa ternak tuan tanah apakah ada pencuri masuk.

Setalah berkeliling seluruh kawasan rumah dan barak para centeng akan kembali ke pos tempat mereka berkumpul dan tiap dua jam Sekali centeng akan membunyikan lonceng besar tadi sebagai tanda waktu dan memecah keheningan karena suasana sangat henning dan gelap sangat pekat….hanya terdengar suara jangkrik dan binatang malam memecah hening nya malam…

Membakar kayu dan singkong sebagai penghangat biasa di lakukan para centeng penjaga perkebunan di kawasan omalanden di pinggir kota Batavia…

Sekelumit gambaran kehidupan malam di perkebunan seputar Batavia

Beny Rusmawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.