Color Grading Ala Film HUGO

dari film HUGO kita bisa melihat bahwa heavy color grading bisa mempercantik gambar. Dengan catatan tata lampu yang baik, pemilihan suhu lampu, komposisi gambar dan tidak asal tempel LUT. Perhatikan skin tone / warna kulit yang tidak berubah menjadi ungu, merah oranye, hijau dsb… dsb…

bagaimana cara membuat gambar seperti HUGO ???

nah ane ada tipsnya :

1. gunakan kamera terbaru yang sudah ada custom preview LUT. Jadi bisa menentukan dimana lampu yang harus menggunakan lampu tungsten, flourescent, incandescent, dst.. dst… ATAU….

2. gunakan External recorder untuk preview. Biasanya menggunakan ATOMOS. atau merek lain juga bole asal oke

3. Manual masking skintone dengan plugin RED GIANT Magic Bullet jika skin tone bergeser kearah yang tidak bagus

4. tentukan mana warna yang TRUE WHITE dalam komposisi gambar (sudah ane jelasin di tutorial) karena warna lain akan bergeser

5. Siapkan lighting untuk menambah kesan warna. Siapkan berbagai macam lighting dengan suhu berbeda (perhatikan juga nilai CRI agar tidak terjadi color shifting)

6. PELAJARI LIGHTING (penting. BANGET). Light source, light angle, light value, Light temperature dsb… dsb…

7. Turun kelapangan untuk mendapatkan referensi saat syuting dan kolaborasi dengan bagian art dan lighting. Jadi kurang lebih ada bayangan saat editing. Jangan lupa untuk minta pendapat sutradara (karena emang wajib sih)

nb :

* Kadang, bukan salah pemilihan LUTnya bikin warna berantakan, tetapi cahayanya tidak mendukung (asal tempel LUT tanpa memperhatikan pencahayaan)

* Ngotot cahaya matahari doank tapi maunya teal-orange (tapi gatau brp kelvin cahayanya dan angle nya ngawur). Bisa bikin warna berantakan (cinematic ndasmu)

* selera terlalu rendah juga mempengaruhi habit seorang editor. Skin tone ungu dibilang cinematic ??? haduehhhhhh… jangan biasakan sedikit2 maunya INSTAN

*selalu perhatikan broadcast-safe area saat pewarnaan agar warna tidak mencolok dan bikin sakit mata (ada di tutorial ane)

Penjelasan biar ga salah paham (suka ada yang salah tangkep)

1. Apakah boleh pakai LUT
– Boleh, asal sesuai dan tidak merusak. Tidak destroy skin tone

2. Apakah harus belajar manual correcting dan grading ?
– HARUS. supaya apapun LUT yang kalian gunakan bisa “dijinakkan” biar ga ngawur

3. Apakah editor harus belajar fotografi ?
– HARUS BANGET. supaya faham betul konsep kamera bekerja, jenis kamera yang digunakan, dynamic range, color space, komposisi dll dll… kalo yang mau dikerjain aja ga ngerti gimana mau mempercantik gambar di post production ???

woke semoga bermanfaat

SOURCE

Leave a Reply

Your email address will not be published.