PERSALINAN JAMAN DAHULU YANG MENGERIKAN

Dulu belum ada bidan apalagi dokter untuk menangani ibu ibu hamil yang akan melahirkan. Dukun atau panggilan yang akrab sebutan mbah dukun anak.
Inilah satu satunya dewa penolong di kampung kampung yang bisa menangani proses kelahiran anak denga ramuan yang ia bikin sendiri. Termasuk saya ketika mau lahir melalui sentuhan senyuhan tangan mbah dukun…. ceprot aku lahir di dunia. Tampak dalam gambar foto seorang ibu akan melahirkan ditangani oleh seorang dukun beranak.

Diskusi

Sutji rdi Nenekku dr pihak bapak berprofesi sbg dukun bayi. Banyak yg ditolong proses kelahirannya. Sp2 kt bapakku diskursuskan oleh bidan spy lebih baik proses persalinannya. Alhamdulillah t pernah ada yg komplain.

Moh Jeky
Moh Jeky Pijetan. …yen wong zmn biyen uripe sederhana. .yen kerja kesel cukup Pijetan karo mbok e. ….mari
1

Yuanita Ari Shanti
Yuanita Ari Shanti Malah enak jaman dulu dong. Ibunya bisa leyeh2 gitu sambil nunggu ceprot
1

Ries Suryanita
Ries Suryanita Dan nyaman, karena lahirannya di rumah.

Yuanita Ari Shanti
Yuanita Ari Shanti Betul, Bun 😊
1

Lihat balasan lain
Barry Prima
Tulis balasan…
Bellya Alfianita Arifin
Bellya Alfianita Arifin Zaman dulu ada operasi SC ndak yaa
1

Yuanita Ari Shanti
Yuanita Ari Shanti Ngirisnya pake bilah bambu πŸ˜…
1

Sony Dias Tri
Sony Dias Tri welat lading
1

Ridho Berjaya
Ridho Berjaya Ndak ada. Bab ketika bayi posisi sungsang oleh mbah dukun diputer posisinya sampe kepalanya dibawah…..jadi ceprot deh……
1

Barry Prima
Tulis balasan…
Oebitos Klentos
Oebitos Klentos blum ada USG …

Dewi Suwanto
Dewi Suwanto Cantik ibunya.. manis

Mikhael Felian Waskito
Mikhael Felian Waskito ilmu medisnya gimana yak?
kok gagal paham, dan hebatnya bayinya sehat πŸ˜€
ibunya juga bnyk yg sehat

Β· Telah disunting
Ridho Berjaya
Ridho Berjaya Dari insting dan kebiasaan…..

Barry Prima
Tulis balasan…

Isbandini Meni
Isbandini Meni Saya thn 85 ngelahirin anak ke3 di rmh ,sma mbah dukun.
1

Sony Dias Tri
Sony Dias Tri tercover asuransi /bpjs gak ?

Muhammad Alamsyah
Muhammad Alamsyah Bidan adalah metamorfosa dari dukun beranak.
1

Ridho Berjaya
Ridho Berjaya Lha klo dokter kandungan apa ya?

Muhammad Alamsyah
Muhammad Alamsyah Tabib

Barry Prima
Tulis balasan…
Darma Hirup Wawayangan
Darma Hirup Wawayangan Paraji 😁

Gringsing
Gringsing Ngilmu kiro kiro karo ngilmu titen
1

Nida Khairunisa
Nida Khairunisa Sama sperti yg nenekku bilang padaku.!!!

Nabila Nbl
Nabila Nbl Ibunya nenek aku juga dulu paraji

Mia Kasmiati
Mia Kasmiati Begitupun anak orang zaman dulu

Mia Kasmiati
Mia Kasmiati Banyaak..
1

Sidharta Bendol
Sidharta Bendol Walau mengerikan tapi ibu jaman dulu anak-nya kok banyak-banyak yaaa..gak ada hiburan brangkali Bapak-nyaa..hhhaaa..
4

Kadek Rizki Wira Arsna
Kadek Rizki Wira Arsna Sesuai maskot pada jaman itu . Banyak anak banyak rezeki
2

Barry Prima
Tulis balasan…

Ika Novrinsye Lingga
Ika Novrinsye Lingga Itu hbs melahirkan, ada di jait gak ya?

Isbandini Meni
Isbandini Meni Ya nggaklah,orang zmb dulukan jamu kuat,jadi klau pun ada luka cpt sembuh.
1

Lintang Panjer Wengi Wengi
Lintang Panjer Wengi Wengi dijaet mbak karo dom bago benange tampar wkwkwkwkwk

Barry Prima
Tulis balasan…

Cecep Nopel
Cecep Nopel Sabarnya luar biasa.

Sri Rarastiti Kurniasih
Sri Rarastiti Kurniasih Tapi..ibu ibu jaman dulu..ngelahirin..nyantai..nggak tegang..kayak.orang sekarang
.ngelahirin dianggap hal.biasa
2

Dhiyah Habibun Rachman
Dhiyah Habibun Rachman Bahkan ibu jaman dulu bisa punya anak belasan nyantai aja yah.
1

Farida Chandra
Farida Chandra Betul, mamaku lahiran anak 6 org jg ktny hari ketiga sdh nyuci, masak, dll spt biasa
1

Sri Rarastiti Kurniasih
Sri Rarastiti Kurniasih Nenekku hamil besar pagi siang di sawah..sorenya lairan..biasa saja..lusa ke sawah lagi..kok.bisa.ya?

Dhiyah Habibun Rachman
Dhiyah Habibun Rachman Mungkin orang jaman dulu menganggap lahiran itu hal yang biasa yah, alamiah, jadi di bawa santai jadinya lancar deh. Apalagi mereka tetap kerja walo hamil jadinya mudah saat melahirkan. Saya waktu hamil juga di suruh tetap kerja rumah tangga misalnya nyapu, ngepel, masak dan lain- lain, malah klo tidur2 an kena tegur deh sama ibu.
1

Barry Prima
Tulis balasan…

Kamaludin Abdillah Mashar Mash
Kamaludin Abdillah Mashar Mash Oh ibu

Kowozroesdiansyah
Kowozroesdiansyah Penuh dedikasi …
Dan yg utama pake hati dan kasih sayang…
2

Tatang Sumantadipura
Tatang Sumantadipura Horeeee tinggal tunggu 40 hari , kayak perawan lagiiiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
1

Erna Karlina
Erna Karlina Mamah saya ngelahirin di dalam angkot saya saksinya umur 7tahun πŸ˜‚πŸ˜‚
4

Asaf Hans Setio
Asaf Hans Setio Lah wkt itu kok bs gitu Bu gmn?dalam perjalanan ke rmh sakit trus gak kuat akhirnya lhir di perjalanan gt?yg bantu lahiran trus sapa bu

Erna Karlina
Erna Karlina Betul pak mamah saya 3kali lahiran selalu gitu dirumah udah kepala bayi mau kluar, kaya gampang banget lahirannya 😁 perjalanan mau ke bidan krn tau. 98 baru ada bidan daerah saya itupun jauh πŸ˜‚ warbiasah ibu jaman dulu
1

Barry Prima
Tulis balasan…

Umi Ani
Umi Ani Saya punya anak 2 ga ada yng ke bidan waktu lahiran di bantu paraji ,sampe sekarang msh ada di kampung saya mah paraji
2

Abdul Karim
Abdul Karim ironisnya dokter2 jaman sekarang yg sok2an pinter2 itu memandang sinis bhkan mnyalahkn dukun bayi.
4

Muslim Adam
Muslim Adam Mungkin Dokter Obsgyn merasa beaya sekolahnya mahal… jadi mereka gak mau ada profesi lain yg bisa menyaingi kemampuannya. Profesi Bidan saja tidak boleh membuka praktek mandiri apalagi dukun.
1

Creativa MultiAksara
Creativa MultiAksara @MuslimAdam lho kt siapa bidan g blh buka praktek mandiri klo drumah sy bnyak kok…pnting ad SIP+STR nya kan resmi.

Farida Chandra
Farida Chandra Muslim Adam ada beberapa bidan di daerah perumahan saya praktek mandiri dan ada ijin praktek resmi

Barry Prima
Tulis balasan…

Hari Muktiani
Hari Muktiani 5 anskku lahir dirumah, ditolong bidan.
1

Rahmad
Rahmad dukun bayi .erawat dari awal kehamilan sampe bayi umur selapan/40 hari,saya menyaksikan sendiri ,kra jateng

Sinta Sari
Sinta Sari Sepertinya malah anda yg mancing mania,
Dukun beranak bukan di Jawa aja kali wkwkwk…..
1

Gregorius Gert
Gregorius Gert Hahaha… Ya gitu deh.. Asal ada kata dukun.. Selalu dianggap berkonotasi negatif dan mistis..
Padahal dukun itu sebenarnya berarti orang yg ahli di bidangnya..
Padahal
3

Suyatno Dukun Padi
Suyatno Dukun Padi ?

Barry Prima
Tulis balasan…

Gregorius Gert
Gregorius Gert 😁😁😁 Eh mbak sinta…

Agneslucia Mariannie Massie
Agneslucia Mariannie Massie Itu dukun beranak apa dukun pijit..kok potohnya lagi miiiijit tangan…
1

Henny Ernawati
Henny Ernawati Jaman skrg dikit2 oprasi cesar, di buat cari uang sama dokter
4

Indah Srit
Indah Srit Dulu belum ada operasi caesar ya

Asaf Hans Setio
Asaf Hans Setio Mau tanya, jaman dulu kalau lahirannya gak lancar karena misal sungsang atau apalah trus usaha si bidan gimana? Kl skr kan bs operasi Caesar kl jaman dulu?Krn secara statistik tingkat kematian ibu melahirkan jaman dulu jg lebih tinggi Dr jaman skr lho.terimakasih
3

Gregorius Gert
Gregorius Gert Jabang bayinya diajak ngobrol sama dukun bayinya..
Beneran.. Pernah lihat di tempat sodara… Selang sehari posisi bayi normal lagi
3

Adon Adinda
Adon Adinda Dukun beranak dl sm skrg udh jauh beda..dl utk jd dukun hrs ngilmu lahir batin nya g cm asal jd dukun..
3

Asaf Hans Setio
Asaf Hans Setio Oalah gt ya.wuis baru tau ternyata utk jd dukun beranak gk cm modal keahlian .terimakasih

Sunyoto Nyoto
Sunyoto Nyoto sekarang melahirkan klinik yang sertifikasi hanya level akbid akper ga boleh.minimal harus ada dokter mendampingi pak sekarang melahirkan jika ga sesuai dengan aturan tersebut bisa kena kasus perdata denda dan pidana

Β· Telah disunting
Mami Edelweis
Mami Edelweis Hans Asaf Setio angka kematian ibu melahirkan dl mmg sangat tinggi alhamdulilah skr medis sudah maju minimal menurunkan angka kematian ibu n anak
1

Ayne Noer
Ayne Noer Sunyoto Nyoto
jaman skrg memang canggih, saking canggih nya klo mbrojol sndri serba susah bikin surat keterangan lahir,apalagi akte udh gtu smpe ribut” sma ptugas kesehatan, giliran udh bsar ank gk mau imunisasi diancam dn diomelin lg sma ptugas #bingung

Indra Irhandi
Indra Irhandi Kalo bayinya sungsang, ibunya disuruh sering2 nungging yg lama. Biar posisi bayi kembali normal. Jaman sekarang dokter juga ada yg menyarankan begitu.
2

Nur Cholis Sugiharto
Nur Cholis Sugiharto Anak lahir sungsang.. konon di jawa anak tersebut akan pintar dan punya kelebihan scr mistis.. spt bisa liat mahkluk halus.. dukun bayi hanya berbekal pengalaman.. tirakat.. puasa dan jampi2 yg di pelajari.. posisi sungsangpun bisa lahir berkat dorongan doa2 mereka… luar biasa…

Barry Prima
Tulis balasan…

Zumaroh Ikhwan
Zumaroh Ikhwan Dukun bayi…biasanya pakai di ramal ..

Isbandini Meni
Isbandini Meni Gak juga x,orang zmn old instingnya canggih”.ilmu raba sma ilmu kira”nya jga canggih”.

Lintang Panjer Wengi Wengi
Lintang Panjer Wengi Wengi bukan diramal mbak Zumaroh…. itu ada ilmunya posisi letak bayi diusia 2 bln bisa menunjukan jenis kelamin dlaen laen sebagainya…. neneku dukun bayi jadi beliau pernah cerita tentang keahlianya ..
4

Zumaroh Ikhwan
Zumaroh Ikhwan Betul juga Bu Isbandini Meni.. pengalaman ,dulu ketika bayi lahir pas wetonnya apa sama Mbah dukun bayi di ramal/di congklok boleh gk percaya tapi fakta@Allahu a’lam
1

Barry Prima
Tulis balasan…

Vinsensius Suharyanto
Vinsensius Suharyanto Kalau orang jebolan pendidikan tinggi sekarang (kebanyakkan dari mereka) nangani kelahiran maunya operasi; uangnya gede… Salut untuk para petugas tersebut, mereka motivasi menolongnya lebih dominan daripada materi semata…
6

Diah Pitasari
Diah Pitasari Mama sy tukang urut.. Urut bayi juga.. Sy sedih klo ada ibu2 kekinian yg sinis memandang tukang urut bayi. Krena ilmu parenting mereka ga membolehkan bayi d urut
5

Indra Irhandi
Indra Irhandi Padahal di rumah sakit ibu dan anak, di klinik tumbuh kembang, ada kegiatan baby massage (pijat/urut bayi). Dan disana orang tua diajarkan bagaimana cara mengurut bayi yg benar.
2

Diah Pitasari
Diah Pitasari Nah itu..
Mungkin ada tukang urut yg ga bs urut, asal mencet2 bayi..
Tp mama sy ngurut kn jg ada jejampean nya..😁😁
S…Lihat Lainnya

Nadya Ambyati Rizqi
Nadya Ambyati Rizqi ga semua spt itu kyny mbak..sy masih menggunakan jasa urut bayi & anak kok..hehehe..dr br seminggu lahir smp skrg ud umur 3 & 4 th anak2 msh diurut..mereka ..😁😁😁

Barry Prima
Tulis balasan…

Ros Yanti
Ros Yanti Si mbah nya sexsi ga pake baju

Arien Maylina W
Arien Maylina W Kalau menurut saya pribadi kalau yang benar benar “dukun bayi” biasanya memang ada kelebihan lainnya dan memiliki kemampuan batin.
Tapi mungkin juga berpengaruh ke sugesti juga mungkin ya
Beberapa dukun pijat dan bayi di tempat suami saya demikian,kala…Lihat Lainnya
3

Creativa MultiAksara
Creativa MultiAksara Sy 2007 lalu lahiran anak ke 2 di mak paraji sewaktu msh brg mertua di jawa barat…skrg mau lahiran anak ke 3 sdh sy blng sm ibu sy yg skrg buat siap” jahe sm kunyit parutan mski kudu ngumpet” krn klo ktauan sm kluarg bsar kan paramedis smua blgnya ya…Lihat Lainnya
8

Nor Anifah
Nor Anifah Itu dibuat jamu ya mbak?

Creativa MultiAksara
Creativa MultiAksara Nggak mbak tp dibobokkan/ditempelkan ke jalan lahir… Panass mmg prtma sy hbs kluar baby lgsung dksihny gt smpe nangis” tp hsilnya g smpe sminggu yg prtmanya bengkak lngsung kempes tnp efek samping. Klo jamunya beda, sy dh lupa sih krn bahannya sy kurng paham mbk,..

Barry Prima
Tulis balasan…

Kamex Komex
Kamex Komex Ngerikan gimana? Lawong itu perjuangan kikhlasan.
Ibuku anak 5 lahiran pakek dukun padahal 2001 udah banyak medis.…Lihat Lainnya
1

Wisnu Aji
Wisnu Aji melahirkan adalah kodratnya perempuan. ngga manusia ngga hewan kalau perempuan akan mengalami melahirkan.kalau manusia masih mending ada yang bantu. kalau hewan sama sekali ngga ada yg bantu dia harus berjuang sendiri dalam melahirkan di alam bebas. masih di tambah harus menghindari binatang pemangsa.nyatanya banyak binatang yg sukses melahirkan dan menjaga anaknya.itulah kekuasaan tuhan.
4

Niqmatull Aeni
Niqmatull Aeni Aq y lahir dibantu dukun bukan bidan th 2000 an

Ali Mahfudz Syafa’at
Ali Mahfudz Syafa’at Yg penting ibu dan bayinya bisa selamat keduanya Alhamdulillah…
1

Suko Aji
Suko Aji Aq lahir th 1980 dibantu dukun bayi bukan bu bidan sprti zaman now, n aq yakin zaman thn 80an blm bnyk bidan sperti sekarang
1

Aeni Eonni
Aeni Eonni Sy dan adik2 saya dlu lahir di bantu oleh paraji..dlu enak y lahiran boleh di rumah jadi gentle bgt..ngeliat ibu sy lahiran ky ga sakit, ga lama brojol 😁

Didik
Didik Hai mas Didik

Farhan Raja
Farhan Raja Dulu alm ibu ku melahiran adik ku dgn bantuan dukun beranak (“paraji”, sebutan utk dukun baranak di kampungku ) kuperhatian setelah bayi lahir . Ibu paraji setiap hari datang ke rumah untuk mengurut/memijit ibuku dan memandikan bayi,kadang bayi pun di …Lihat Lainnya
2

Rani Zulfiani
Rani Zulfiani Kok mengerikan? Malah nyaman *imho hehe
Seharusnya tenaga kesehatan kebidanan itu belajar juga ke dukun beranak, soalnya melahirkan itu melibatkan body, mind and soul. Tapi syukur juga sih sekarang udah banyak nakes yang mempraktekan gaya dukun beranak tapi rada berilmu, sebutannya gentle birth.
2

1 Balasan
λž„μ—μ•Œλ§…
λž„μ—μ•Œλ§… Ngelahir ne wie rekoso, tp ora pd kapok, nyatane iseh gweni anak ae
1

Muhammad Giri Suhada
Muhammad Giri Suhada Di sunda namanya PARAJI.

Punjung Hayuning
Punjung Hayuning ibuq 11 ANAK d’bantu dukun beranak smuaaaa..😊

Kaswin Trompet
Kaswin Trompet Hebat

Budi Astuti
Budi Astuti Emak qu ank ny 12 yg 8 lahir di dukun smua πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Khasby Qolby
Khasby Qolby Saiki ora d bidan

Adam Sholeh
Adam Sholeh Wanita2 jaman dulu lbh kuat drpd wanita2 jaman sekarang…
3

γƒœγ‚€γƒΌγ‚―γ‚Έγƒ₯γƒͺγ‚’γ‚Ήγƒžγƒ³ γƒœγ‚€γ‚±
γƒœγ‚€γƒΌγ‚―γ‚Έγƒ₯γƒͺγ‚’γ‚Ήγƒžγƒ³ γƒœγ‚€γ‚± Jaman dulu yg katanya mengerikan nenek saya anaknya 11

Samsul Arifin
Samsul Arifin *mengerikan,,,,
kok agak gimana y bacanyaπŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

Heni Suratini
Heni Suratini Jaman dl kan dah biasa g pake baju tp tu kembenan

Angie Winata
Angie Winata Dulu si dukun jg bisa nyunat utk yg cewek🀣
Entah apakah sama hasilnya dgn cara kedokteran πŸ˜‚

Afrianto Aldo
Afrianto Aldo Kualat

Dimaz Ari Prabowo
Dimaz Ari Prabowo Di foto ini di sebelah kiri bawah ada keterangannya Toehang Pidjit

Ayu Romesa
Ayu Romesa Ibuku mekahirkan kakak yg pertama dg jasa dukun bayi , alhamdulillah yg awalnya sunsang kmudian bisa normal krna didoakan mbah dukun bayi.

Ninik Nugraha
Ninik Nugraha Simbahku dulu dukun beranak.. dan sekarang nurun ke budeku. Tapi sekarang bude yg dukun beranak mendapat panduan dr bidan desa dan puskesmas (bekerja sama dengan dinas kesehatan daerah). Jadi mereka (dukun beranak) tetap bisa membantu lahiran dengan mendapatkan lisensi dari dinkes setempat 😊
2

Β· Telah disunting
Teguh Imansyah
Teguh Imansyah Mengerikan….itu istilah yg tidak tepat…yg tepat adalah peristiwa yg sangat menakjubkan…yg membuat kita tambah sayang anak istri dan mendekatkan diri pada Allah swt
1

Anggrek Kinasih
Anggrek Kinasih Penuh resiko, tetapi lahir procat procot, tidak seperti sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.