Cara Backup WordPress Dengan Plugin UpdraftPlus

Untuk menggunakan fitur ini perlu anda menginstall plugin UpdraftPlus terlebih dahulu, dalam plugin tersebut banyak fitur-fitur standar yang berguna untuk mem-backup situs wordpress anda. Tanpa banyak setting lanjutan tinggal menekan tombol “Backup” maka situs anda sudah terbackup secara otomatis. Bagi saya tidak perlu penjelasan lebih panjang lagi akan kemudahan hal itu tetapi saya akan menunjukkan sedikit cara untuk membackup situs anda dg plugin hebat ini:

Langkah mudah cara backup wordpress secara cepat:

  1. Download Plugin UpDraftPlus disini
  2. Setelah terinstall silahkan masuk ke Dashboard Admin Panel WordPress anda di SettingUpDraftPlus Backup
  3. Setelah terbuka maka akan terbuka halaman admin panel UpdrafPlus anda lalu langsung saja klik tombol BackupNow seperti gambar dibawah.

    cara-backup-wordpress

Selesai, wordpress anda sudah terupdate, lokasi penyimpanan nya adalah di hostingan anda, bagaimana jika anda memiliki kapasitas yang sedikit dan web anda mempunyai ukuran yang besar? Solusinya adalah remote backup melalui akun google drive anda.

Cara Setting Updraft Plus ke Google Drive

1. Kunjungi Google API console, Dan buat Projek Baru

Untuk memperbolehkan UpdraftPlus mengakses Google Drive account, klik link yang menuju API console anda yang akan menuju halaman projectnya dan klik pada menu “My Project” .

Pilih ‘My Project’, lalu click ‘create a project…’

Google Drive Config 1

Lalu isi formnya (terserah mau di isi apa saja)…

Google Drive Config 2

2. Aktifkan Drive API

Cari ‘Drive API’ pada daftar layanan atau bisa melalui menu pencarian

 

Note: Harus Drive API, bukan Drive SDK. 

Ikuti linknya dan klik tombol  ‘Enable’ :

Google Drive Config 4

3. Atur nama produk dan email anda

Sekarang coba pilih menu  ‘Credentials’  di sidebar kiri anda.

Google Drive Config 5

Maka anda akan ditujukan ke halaman Credentials pertama kali anda harus memasukkan beberapa detail di menu  ‘OAuth consent screen’ settings (ada di tab atas):

Perhatikan anda harus memasukkan nama produk yg sudah dibuat diatas dan email anda jika anda menemui error coba cek kembali isian anda.

 

4. Set API Akses Credentials Anda (OAuth)

Pindah ke ‘Credentials’ tab, dan click ‘Add credentials’; lalu click di ‘OAuth client ID’:

Google Drive Config 6

Selanjutnya, masukkan beberapa detail anda di bawah:

  • Dibawah ‘Application type’ pilih ‘Web application’.
  • Dibawah ‘Name’ masukkan ‘UpdraftPlus’.
  • Untuk ‘Authorized JavaScript origins’, masukkan url homepage anda contohnya http://www.example.com
  • Dibawah ‘Authorized redirect URI’, paste URL yang ada pada halam setting UpdraftPlus di WordPress admin console:

 

Google Drive Config 7

 

Klik ‘Create’. Anda akan ditampilkan  client ID and secret yang akan di kopi ke halaman admin updateDraft Plus

Google Drive Config 8

5. Kembali ke laman admin  UpdraftPlus dan masukkan beberapa detail tambahan

Anda harusnya sudah mempunyai client ID and secretyang sudah terbuat. Paste yang tadi kembali ke laman setting admin UpdraftPlus dan klik save

Dan ikuti link yang muncul setelah anda save tadi untuk mendapatkan otorisasi. Contoh seperti ini:

Selesai

Leave a Reply

Your email address will not be published.