Ini 20 Merek Termahal di Indonesia
Bank Central Asia (BCA) menjadi merek paling mahal di Indonesia. Berdasarkan BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands yang diluncurkan Millward Brown dan penyedia jasa komunikasi WPP, Rabu (19/8/2015), nilai merek BCA mencapai 9,9 miliar dollar AS atau setara Rp 133,65 triliun.
Sementara itu, tiga bank kelas kakap lainnya, seperti BRI, Mandiri, dan BNI, masuk dalam 10 besar, bersanding dengan merek operator telekomunikasi dan rokok.
Millward-WPP menyusun daftar ini berdasarkan 11 kategori. Jumlah perusahaan perbankan dan lembaga keuangan mendominasi (12 merek), diikuti rokok (7 merek), dan produk perawatan pribadi atau personal care (7 merek).
Total nilai 50 merek termahal di Indonesia ini mencapai 64,6 miliar dollar AS.
“Waktu bagi Indonesia sudah tiba. Meski dibayangi negara tetangganya, India dan Tiongkok, Indonesia punya cerita transformasi yang juga luar biasa. Negara ini menjadi kekuatan ekonomi Asia Tenggara di tengah perubahan besar-besaran,” tulis David Roth dalam laporan 50 Most Valuable Indonesia Brands 2015 di situs resminya.
Berikut 20 merek paling mahal di Indonesia pada 2015:
1. BCA (9,9 miliar dollar AS)
2. BRI (8,2 miliar dollar AS)
3. Telkomsel (6,3 miliar dollar AS)
4. Mandiri (6,15 miliar dollar AS)
5. A Mild (5,9 miliar dollar AS)
6. Matahari Dept Strore (2,14 miliar dollar AS)
7. BNI (2,04 miliar dollar AS)
8. Surya (1,9 miliar dollar AS)
9. Dji Sam Soe (1,77 miliar dollar AS)
10. Marlboro (1,67 miliar dollar AS)
11. U Mild (1,64 miliar dollar AS)
12. Gudang Garam (1,62 miliar dollar AS)
13. Pond’s (1,5 miliar dollar AS)
14. Indomie (1,039 miliar dollar AS)
15. XL (1,032 miliar dollar AS)
16. Indosat (1,01 miliar dollar AS)
17. Rinso (949 juta dollar AS)
18. Pepsodent (659 juta dollar AS)
19. Aqua (659 juta dollar AS)
20. Ciputra (484 juta dollar AS).