Shortcut Bash yang Perlu Anda Ketahui Untuk Memudahkan Anda

DISADUR DARI POSTINGAN GRUP UBUNTU INDONESIA:

https://www.facebook.com/groups/2327054593/permalink/10154888854074594/

[TIPS] sudah lama tidak menuliskan lagi tips di sini. kali ini saya ingin berbagi tentang mengoptimalkan acara ketik mengetik di terminal menggunakan shell bash
mari kita berasumsi kita telah mengetikan panjang2x seperti dibawah ini
——
apt-get install caribou-antler castxml creepy dff dia-libs firebird2.5-common firebird2.5-common-doc firebird2.5-server-common gccxml gdebi-core gir1.2-clutter-gst-2.0 gir1.2-gkbd-3.0 gir1.2-xkl-1.0 gnome-packagekit gnome-packagekit-data gnuplot5-qt (posisi kursor)
——
ah ternyata saya lupa mengetikan sudo di awal perintah. lalu apa yang akan anda lakukan ? tekan panah kiri sampai dia kembali ke ujung ? rajin sekali :-p
bagaimana kalau kita ketikan saja Ctrl-a atau Home
maka kursor akan kembali ke ujung dan kita bisa mengetikan sudo di awal perintah.
lalu kita ingin mengetikan lanjutan nama paket yang akan diinstall, wah kembalinya jauh sekali. jangan kuatir, tekan saja Ctrl-e atau End. maka kursor akan kembali ke ujung belakang.
bash mengenal shortcut yang cukup banyak untuk berbagai operasi shell, misalnya untuh menghapus dari posisi kursor sampai akhir baris atau awal baris, cut and paste, mengubah huruf besar kecil, menukar posisi kata, dll.
tradisional bash shortcut biasanya diawali dengan ctrl atau alt diikuti huruf, sedangkan mapping modern-nya biasanya menggunakan tombol2x lain seperti Home, End, Pgn-up/down, Ctr-left/right arrow, dll.
lebih lanjut silahkan cari dengan keyword shortcut bash
selamat berjuang !!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.